Kamis, 06 November 2008

Pemilu AS


Begitu Pemilu Ditutup, Pemenang Sudah Muncul
Kamis, 6 November 2008 | 01:15 WIB

Pukul 23.00 waktu Boston atau pukul 11.00 WIB adalah jam pengumuman kemenangan Barack Obama. Sesungguhnya, kemenangan sudah diketahui pukul 20.00 atau saat pemilu ditutup di hampir seluruh wilayah timur Amerika Serikat. Sudah beredar pula hasil penghitungan cepat (quick count) atau exit poll seperti yang dilakukan dalam pilkada di Indonesia.

Bahkan, nama pemenang sudah diketahui lebih dini, yakni pukul 18.00 waktu Boston, setelah beberapa negara bagian merampungkan pemberian suara. Sebagai contoh, dalam jajak pendapat itu disebutkan bahwa Negara Bagian Ohio dimenangi oleh Barack Obama. Juga muncul daftar pemenang di Negara Bagian Indiana, New Hampshire, Florida, Massachusetts, dan Virginia untuk kemenangan Obama.

Ini adalah hasil jajak pendapat yang didapatkan Kompas dari Profesor Dr Gregory Payne, pengajar di Emerson College. Bahkan, ia menyebut Obama akan menang telak dan John McCain tidak bisa menghindari kekalahan. Beberapa jam kemudian terbukti Obama menang.

Sebelum pukul 23.00, kubu McCain sudah berhenti bicara soal Obama. Televisi CNN juga memberitakan bahwa markas kubu McCain di Phoenix, Arizona, sudah bersikap pasrah dan hanya memainkan musik. Di televisi terlihat Cindy McCain mengusap kepala suaminya, John McCain, yang gelisah.

Sebagai daerah yang dinamakan medan pertempuran, McCain sudah mustahil menang setelah Obama meraih kemenangan di Ohio, Florida, dan Pennsylvania seperti hasil dari quick count. Ini adalah tiga negara bagian yang menjadi andalan McCain untuk mengubah peruntungan Obama. Masalahnya, negara bagian lain tidak akan bisa diraih McCain karena secara tradisional menjadi milik Demokrat, seperti Oregon, California, Washington. Kubu McCain juga mustahil mengubah peruntungan di negara bagian di timur laut AS yang milik Obama.

Karena itulah, begitu jajak pendapat di negara bagian yang disebut medan pertempuran itu muncul, berakhirlah nasib McCain, yang kemudian muncul dan menyatakan kalah. (Simon Saragih, dari AS)

Tidak ada komentar: