Selasa, 11 November 2008

Pilpres USA (2)

Masih ada hubungannya dengan Erectoral Electoral College, saya iseng2 bersimulasi kalau misalnya sistem tersebut diterapkan di Indonesia untuk pemilihan presiden. Yah, maklum, saya kan pegawai yang kurang pekerjaan, jadi banyak waktu untuk iseng. *hint mau pundung kalau gak naik gaji gede* :D

Jadi, begini kurang lebih skenarionya. Pertama-tama, saya harus tahu berapa jumlah anggota MPR. Karena anggota MPR itu adalah gabungan dari anggota DPR dan anggota DPD (a.k.a. Senat), maka saya harus tentukan dulu berapa jumlah masing2 badan legislatif tersebut.

Anggota DPR saat ini adalah 550 orang. Nah, jumlah inilah yang nanti harus dibagi2 ke masing2 provinsi dengan jumlah yang berbeda2 sesuai jumlah penduduk masing2 provinsi tersebut.

Berbeda dengan anggota DPR, anggota DPD jumlah sama untuk seluruh provinsi, yaitu 4 orang untuk tiap provinsi. Saat ini ada 33 provinsi, artinya jumlah anggota DPD mesti 132 orang.

Berarti jumlah anggota MPR adalah 682 orang dan itu berarti saya punya 682 elector dalam Electoral College ala Indonesia. :D

Setelah itu, saya perlu membagi2 alokasi jumlah elector untuk masing2 provinsi. Tapi sebelum itu, saya harus mendapatkan angka jumlah populasi yang diwakili oleh satu elector. Caranya adalah membagi jumlah penduduk Indonesia dengan jumlah elector, yaitu 682. Penduduk Indonesia sekarang sekitar 220 juta, jadi hasilnya satu elector itu mewakili 320 ribuan rakyat Indonesia.

Kemudian saya tinggal membagi jumlah penduduk masing2 provinsi dengan angka 320 ribu tadi, yang hasilnya bisa dilihat di tabel di bawah ini.

table1

Kalau dilihat sekilas, provinsi2 di Jawa bakal jadi rebutan ya. Sedangkan provinsi2 muda kelihatannya memiliki elector yang relatif sedikit.

Nah, sekarang tinggal dimainkan saja pemilu-nya. :D

Tidak ada komentar: