Senin, 08 Desember 2008

Pengaruh Kata-kata Obama dalam Menyedot Dana Kampanye




Sabtu, 6 Desember 2008 | 00:19 WIB

Kampanye kepresidenan Barack Obama telah mengumpulkan dana 104 juta dollar AS dalam waktu beberapa pekan menjelang pemilihan presiden AS. Dana yang terkumpul ini merupakan rekor tertinggi yang tercatat dalam sejarah pengumpulan dana kampanye di AS.

Obama total telah mengumpulkan hampir 750 juta dollar AS selama perjalanannya menuju tampuk kekuasaan tertinggi di Gedung Putih. Pengeluaran Obama dalam waktu 8 pekan sebelum berlangsung pemilu telah melampaui pengeluaran mantan rivalnya dari partai Republik John McCain. Laporan ini dikeluarkan oleh Komisi Pemilu Federal AS berdasarkan tinjauan selama 15 Oktober hingga 24 November.

Kubu kampanye Obama menjelaskan lebih dari 1 juta kontributor berpartisipasi dalam donasi selama periode tersebut. Lebih dari separuh kontributor tercatat untuk pertama kali terlibat donasi.

Selama masa kampanye, lebih dari 3,95 juta kontributor terlibat dalam donasi untuk presiden terpilih AS tersebut. Pengumpulan dana yang diraih oleh kubu Obama tercatat lebih besar yang dicapai nomine 2 partai besar peserta pemilu 4 tahun lalu.

George W. Bush dan John Kerry mengumpulkan total 653 juta dollar AS pada pemilihan pendahuluan dan kampanye pemilu 2004, termasuk dana pembiayaan publik federal. Pengumpulan dana kampanye akhir menekankan betapa pentingnya strategi kandidat yang digunakan oleh Obama dan McCain untuk mendanai kampanye pemilu mereka.

McCain menerima dana 84 juta dollar AS dari dana pembayar pajak yang diraihnya lewat sistem pendanaan publik. Sementara Obama bertaruh dalam mengumpulkan dana lebih besar dari uang pribadi.

Pada kurun 15 Oktober hingga 24 November, McCain menghabiskan 26 juta dollar AS sementara Obama menggunakan dananya hingga 136 juta dollar AS. Saat dana pengeluaran McCain dibatasi hingga 84 juta dollar AS mulai dari bulan September, Obama menghabiskan dana hingga 315 juta dollar AS pada periode yang sama.

McCain berusaha memperkecil kesenjangan pengeluaran dana dengan bantuan dari Partai Republik yang memompa dana hingga jutaan dollar AS untuk mempromosikan pencalonan mantan pilot angkatan laut AS ini sebagai presiden. Partai Republik telah menghabiskan dana 53 juta dollar AS untuk iklan independen yang ditargetkan terhadap Obama.

Obama mengakhiri kampanyenya dengan dana yang bersisa hampir 30 juta dollar AS. Obama tercatat masih mempunyai utang pada masa kampanye senilai hampir 600.000 dollar AS.

Kelihaian Obama dalam memikat hati pendonor merupakan keunggulan karakteristiknya yang menentukan pada masa kampanye. "Obama berhasil membujuk sejumlah besar orang untuk menyampaikan donasi lebih dari sekali," jelas Michael Malbin, direktur eksekutif Campaign Finance Institute.

Hasil studi yang dikeluarkan oleh institut nonpartisan itu menyebutkan Obama telah mengumpulkan sekitar 26 persen dari total donasi untuk kampanyenya dari pendonor yang menyumbangkan kurang dari 200 dollar AS. Seperti pada kampanye lainnya, Obama bergantung pada pengumpulan dana dari sejumlah pendonor besar, yaitu mereka yang menyumbangkan dana hingga 1.000 dollar AS atau lebih.

Secara terpisah, para pendonor Obama diminta untuk memberikan donasi ke Hillary Rodham Clinton saat mantan rival Obama itu mengurangi utang kampanyenya sebelum ditunjuk sebagai menteri luar negeri dan peraturan etika federal membatasi pengumpulan dana kampanye istri Bill Clinton ini. Pada awal November, utang Hillary untuk membiayai upaya yang gagal menjadi presiden AS mencapai 7,5 juta dollar AS.

Tidak ada komentar: