Senin, 03 November 2008

Kemenangan Obama-McCain Ditentukan 11 Negara Bagian

Minggu, 02 November 2008 | 14:43 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta: Sebanyak 11 negara bagian dengan total 126 kursi Dewan Pemilih masih belum bisa diproyeksikan siapa pemenangnya dalam pemilihan presiden Amerika Serikat. Ini karena sejumlah jajak pendapat memperlihatkan selisih dukungan bagi Barack Obama maupun John McCain sangat tipis.

Hasil analisis, seperti diungkap koran Washington Post, posisi Obama di lima negara bagian dengan total 39 kursi Dewan Pemilih menang tapi dengan selisih tipis. Selisih tipis itu artinya McCain mungkin akan merebutnya.

Sebaliknya, di enam negara bagian dengan 87 suara Dewan Pemilih, McCain unggul tipis dan mungkin Obama merebut satu atau dua negara bagian di sini.

Meski negara bagian tempat Obama menang tipis dalam jajak pendapat hanya menyediakan 39 kursi Dewan Pemilih, tapi itu lebih dari cukup karena bocah Menteng ini sudah mengumpulkan 252 kursi. Dengan menambah 18 kursi lagi, ia sudah menjadi presiden.

Sebaliknya John McCain baru mendapat dukungan 160 suara dari 20 negara bagian sehingga masih harus mendapat 110 suara Dewan Pemilih lagi jika ingin menang.

Jadi, kalaupun menang di keenam negara bagian itu, McCain tetap tidak bisa menjadi presiden. Ia masih membutuhkan 13 kursi Dewan Pemilih yang mesti ia perjuangkan dari negara bagian tempat Obama unggul tipis.

Posisi Terakhir:
Obama
Diproyeksikan menang: 20 negara bagian, total 252 Dewan Pemilih
Kekurangan untuk menang: 18 Dewan Pemilih
Unggul tipis:
5 negara bagian, 39 Dewan Pemilih

McCain
Diproyeksikan menang: 20 negara bagian, total 160 Dewan Pemilih
Kekurangan untuk menang: 110 Dewan Pemilih
Unggul tipis: 6 negara bagian, 87 Dewan Pemilih


Negara bagian Obama Unggul Tipis:
Total 39 kursi Dewan Pemilih
Virginia
13 Dewan Pemilih
Pemilu lalu George Bush menang mudah di sini tapi dalam dua tahun terakhir, dua legislator Demokrat menang di sini sehingga Obama bisa memanfaatkan momentum.

Colorado
9 Dewan Pemilih
Sejak 1992, Demokrat selalu kalah di Colorado tapi sekarang ada tanda-tanda Obama akan menang.

Iowa
7 Dewan Pemilih
Salah satu negara bagian yang diperkirakan akan berpindah ke Obama dari calon-calon Republik yang biasa mereka dukung.

Nevada
5 Dewan Pemilih
Obama hanya menang tipis dalam jajak pendapat di sini sehingga peluang McCain cukup besar.

New Mexico
5 Dewan Pemilih
Seperti biasa, New Mexico mendukung Republik. Tapi kali ini Obama menempel ketat sehingga kejutan masih mungkin terjadi.

Negara Bagian McCain Unggul Tipis:

Total 87 Dewan pemilih
Florida
27 Dewan Pemilih
Obama dan McCain masih bertarung ketat di negara bagian ini. Mereka menggelontorkan iklan dalam jumlah besar di sini. Sejumlah jajak pendapat memperlihatkan posisi kedua calon berimbang.

Ohio
20 Dewan Pemilih
Obama memimpin sangat tipis dalam jajak pendapat.

Carolina Utara
15
Posisi McCain di atas angin tapi Obama berharap dari para pemilih kulit hitam.

Missouri
11 Dewan Pemilih
Selama 104, kandidat pilihan negara bagian Missouri selalu menjadi presiden Amerika Serikat. Hanya satu kekecualian, yakni pada 1956. McCain unggul dalam jajak pendapat awal tapi, setelah Obama meluncurkan kampanye televisi besar-besaran, sebagian besar jajak pendapat memperlihatkan posisi kedua calon berimbang.

Indiana
11 Dewan Pemilih
Negara bagian yang biasa memenangkan calon Republik tapi pemilu kali ini sangat kompetitif. Jajak pendapat seusai pemilihan awal memperlihatkan Obama cukup kuat di sini.

Montana
3 Dewan Pemilih
Sejak 1992, saat Montana memilih Bill Clinton sebagai presiden, negara bagian itu selalu mendukung Partai Republik. Saat ini McCain unggul tipis dalam jajak pendapat.

Nurkhoiri

Tidak ada komentar: